Beberapa istilah pada tabel frekuensi
Langkah-langkah untuk membuat tabel
- INTERVAL KELAS adalah interval yang diberikan untuk menetapkan kelas-kelas dalam distribusi. Ex: 60-62 ( Bilangan 60 dan 62 pada interval 60-62 disebut limit kelas, dimana angka 60 disebut limit kelas bawah dan angka 62 disebut limit kelas atas.)
- BATAS KELAS adalah bilangan terkecil dan terbesar sesungguhnya yang masuk dalam kelas interval tertentu.
- LEBAR INTERVAL KELAS adalah selisih antara batas atas dan batas bawah batas kelas. Ex: lebar intervl kelas 60-62 adalah 62.5–59.5 = 3.
- TANDA KELAS adalah titik tengah interval kelas. Ia diperoleh dengan cara membagi dua jumlah dari limit bawah dan limit atas suatu interval kelas. Ex: tanda kelas untuk kelas interval 66-68 adalah (66+68)/2 = 67.
Langkah-langkah untuk membuat tabel
Langkah-langkah dalam membuat tabel distribusi frekuensi adalah sebagai berikut:
- Tentukan Rentang (R) , Rentang adalah selisih antara data terbesar dengan data terkecil. Untuk kasus ini, R = 93 – 22 = 71
- Tentukan banyaknya Kelas Interval (KI), Kelas Interval dapat ditentukan dengan aturan Sturges, yaitu KI = 1 + 3,3 log Untuk kasus ini, n = 60, maka KI = 1 + 3,3 x log 60 = 1 + 3,3 x 1,78 = 1 + 5,87 = 6,87 dibulatkan menjadi 7 kelas.
- Tentukan Panjang Kelas Interval (PI), Panjang Kelas Interval dapat ditentukan dengan cara membagi Rentang dengan Kelas Interval. Untuk kasus ini, PI = R/KI = 71/7 = 10,14 dibulatkan menjadi 10.
- Tentukan ujung bawah kelas pertama, Ujung bawah kelas pertama dapat ditentukan sbb:
- ambil saja data yang paling kecil. Untuk kasus ini, 22
- ambil data lebih kecil dari data terkecil, tetapi tidak melampaui panjang kelas. Untuk kasus ini boleh 13, 14, 15, 16, 17, 18, 19, 20, atau 21. Untuk kasus ini, kita pilih 21.
- Tentukan selisih ujung atas suatu kelas dengan ujung bawah kelas berikutnya (S). S adalah satuan terkecil dari data. Bila data ditulis tanpa desimal, maka S = 1, tetapi bila data ditulis dalam bentuk desimal, misalnya 67,5 … 92,4 ,maka S = 0,1. Untuk kasus ini, S =1.
Berikut, Tabel Distribusi Frekuensi dari data pada Tabel 1. di atas.
Nilai Ujian
|
Frekuensi Absolut
|
Frekuensi relatif
|
21 – 30
|
4
|
(4/60 )x100 = 6,67
|
31 – 40
|
4
|
6,67
|
41 – 50
|
14
|
23,33
|
51 – 60
|
16
|
26,67
|
61 – 70
|
13
|
21,67
|
71 – 80
|
6
|
10,00
|
81 – 90
|
2
|
3,33
|
91 – 100
|
1
|
1,67
|
Jumlah
|
60
|
100
|
Catatan : Biasanya banyaknya kelas interval akan
bertambah satu. Dari hitungan langkah no. 2, KI = 7, tetapi
kenyataannya KI = 8. Ini tidak mengapa.
Sajian data pada tabel distribusi frekuensi ini
terlihat lebih ringkas dan lebih jelas. Dengan sangat cepat kita bisa
melihat bahwa sebagian besar mahasiswa ( 43 orang atau 71,67%) nilainya
berada pada rentang 41 – 70. Dengan demikian, mahasiswa kelas ini,
kinerjanya berada pada kategori sedang, tidak terlalu baik, tapi juga
tidak terlalu buruk.
(Y) Di tunggu postngn berikutnya....
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusok mbak makasih :)
BalasHapusWalaupun penjelasan nya singkat, tp insyaallah mengerti atas penjelasan diatas :D
BalasHapusSilakan kunjungi metaselviadefi.blogspot.com
BalasHapusok mbk,.. mkasih komen nya... :)
BalasHapusmaterinya cukup dimengerti, walaupun penjelasannya singkat.
BalasHapusGood job...
BalasHapussemangat terus ^_^
lanjutkan ya , sngat membantu sekali materi nya :)
BalasHapusmaterinya bgus tpi aIagka bagusnya jika tabeI ditampiIkan jga va
BalasHapusgood job...
BalasHapusMateriny muda dipahami :) , tapi kalau menurut pendapat saya themes blognya terlalu mencolok jadi agak sediktit ngga fokus waktu membaca postingannya :) karena gradasi warnanya hampir sama dengan ketikannya :)
BalasHapusMateri nya bagus,, seperti nya posting nya terpotong. Karena di kalimat terakhir ada kalimat langkah-langkah membuat tabel tetapi tidak ada cara yang menjelaskan membuat tabel tabel frekuensi tersebut
BalasHapusmkasih semuaaa sarannyaaa..
BalasHapus